Saya baru tahu kalau Surya kencana itu Dingin sekali

Semua bermula saat istri beliin saya sepatu hiking, katanya buat naik gunung,,

ngga lama berselang, datanglah tas, tenda, dan peralatan mendaki gunung,

dan yang di rencanakan akhirnya terwujud

Dari tangerang ke Cianjur

tanggal 9 sept 2024 malam hari pukul 22.00 saya dan istri melaju ke arah cipanas, cianjur. nyimas dan kirana nginep di rumah nenek. masuk gerbang tol buaran, bergabung di jagorawi lalu keluar di pintu tol bogor arah puncak dan bandung.

sampai basecamp pukul 00.30, semua istri yang atur mulai dari pendaftaran hingga cari porter. karena saya awam dan belum faham betul naik gunung, ini kali pertam saya naik gunung, sebelumnya cuma bukit bukit seperti munara, ciung, paniisan, dan juga pulosari.

sampai di basecamp ternyata udara beda banget sama di rumah, kalau di rumah pakai ac untuk dinginin ruangan, di Basecamp Gepangku saya mesti pakai jaket dan sarung kaki supaya ngga kedinginan, hanya 2,5 jam dari Tangerang, udara begitu beda terasa.

Jalan dan terus Jalan dari basecamp ke Surya Kencana Barat

pukul 05.00 saya bangun , wudhu dengan air rasa ES, setelah solat saya tidur lagi karena rasanya masih kurang, jam 6.30 kembali bangun. saat bangun Kang dadang yang jadi porter kami sedang rapih rapih dan packing ulang supaya banyak barang masuk dalam satu tas carrier. saya sendiri bawa carrier dengan minimal barang dan istri bawa tas biasa berisi makanan ringan untuk sepanjang perjalanan.

pukul 08.00 pagi kami laporan dulu di pos simaksi, lalu kembali berjalan menanjak menuju pos satu. pohon rasamala, pinus dan pakis menemani sepanjang perjalanan menandak dengan sesekali datar, jalur pendakian dari putri cukup lebar karena ribuan orang melewati jalur yang sama setiap bulannya.

sampai pos 2, hujan ringan turun, kabut tipis mulai menelimuti hutan. saat mendaki buat saya lebih nyaman di banding harus tidur di basecamp karena badan gerak terus jadinya ngga terlalu dingin, di pos tiga saya dan istri istirahat, bukan sebatas pos .. di jalur putri setiap pos ada warung yang jual air, semangka, goreng pisang, tahu goreng dan juga bakwan tempe. harga gorengan 2.000 / pcs, air mineral 600 ml harga 20 rb dan harga 50rb untuk air mineral dengan ukuran 1.5 liter

cukup lama istirhat di pos tiga, kita hrus lanjut perjalanan ke pos 4, dan inilah momen terberat karena jalurnya terus menanjak melalui jalanan yang terbentuk seperti tangga dengan akar akarnya yang besar dan menggurita. jenjang nya tinggi jadi saat naik mesti tenaga ekstra supaya bisa sampai di jenjang pijak berikutnya.. sesekali jalan licin karena cuaca hujan, langkah kami lebih banyak tersendat untuk mengatur nafas dan mengurai lelah dan saat sampai di pos 4 kami kembali singgah.

perjalanan terberat dari pos 3 ke pos 4 sudah terlewati, sedangkan jalur daki dari pos 4 ke surya kencana timur ( pos 5 ) relatif bisa di maklumi karena ngga se melelahkan sebelumnya.

sampai di surya kencana timbul saya takjub dengan luasnya padang rumput yang membentang ke arah barat, bagai bulan sabit, dengan jalur air yang tertutup pasir seperti jalan beraspal mengarahkan kami ke surya kencana barat, tempat kami akan mendirikan kemah dan bermalam.

Popular posts from this blog

Pengalaman membuat SIM di Polres Tangerang

Pengalaman Membuat Cincau Hijau Sendiri :)