Asiknya Main layangan

Layangan
layang-layang
sumber gambarnya :
http://misterius-misterius.blogspot
      masih ingat banget waktu masih SD, mulai dari kelas 1 sampai kelas 6 tiap hari kerjanya main terus, pulang sekolah langsung makan, ganti baju terus main di lapangan bareng temen-temen, main apa aja tergantung lagi musimnya apa.

      Kalau musim layangan, gw hobi banget ngadu layangan pepetek, cari benang gelasan yang paling tajem. tapi sayang tempat w main layangan sekarang udah jadi sekolahan, sekarang gw udah gede lahan makin kurang, paling ada beberapa anak kecil yang masih main layangan. tapi waktu jaman w masih kecil, wuih dari bocah ingusan sampe kakek tua bangka semuanya pada main layangan, ada yang di atas genteng, sawah, lapangan bola, kebon pak haji, di pinggir kali, pokoknya kalau sore langit kampung gw penuh sama layangan. sebut aja layangan goang, peteng, pepetek (layangan aduan), layangan burung (karena mirip burung), layangan orang, layangan kotak, layangan kodok. pokoknya macem-macem. tukang becak sampe guru ngaji kebanyakan ikutan main layangan.

    Gw kalo lagi nggak ikutan main layangan, karena layangan gw putus alias kalah ngadu, biasanya gw merhatiin arah angin, tapi biasanya w nungguin di sawah, karena waktu itu masih banyak sawah dan layangan yang putus banyak yang ke sawah. w di sawah nggak sendirian, biasanya temen-temen dah banyak yang ngumpul, umunya mereka senasib sama gw "kalah ngadu layangan".

   Paling enak ada layangan putus benangnya masih panjang, jadi tinggal tarik aja benangnya kita bakalan dapet layangan.  tapi kalo benangnya pendek terus angin kenceng, w mesti lomba lari sama temen-temen buat ngejar tuh layangan, kalo ke kampung ya w kekampung, tapi paling males kalo layangannya ke sawah dan emang biasanya ke sawah, padi yang baru di tanem biasanya abis di injek-injek gw sama temen-temen, ya udah kalo yang punyanya tau biasanya marah-marah sambil ngejar ngejar bawa golok, wuh pas tau di kejar kejar kita lari belingsatan takut ngeliat golok. tapi tetep aja gak pernah kapok.

  Sekarang semua itu cuma kenangan di kampung gw, paling paling engkong engkong cuma cerita kalau dia dulu jago ngadu layangan, lahan makin sempit, mau main di sawah, sawahnya udah jadi kontrakan, main di kebon, kebonnya dah jadi rumah, main di tanah lapang, sekarang dah jadi pom bensin. main di atas genteng, naeknya dah ribet banget. lantaran genteng gw sama genteng tetangga dempeeetttt banget.

    Bagaimanapun maen layangan asik banget.

Komentar

Pos populer dari blog ini

Belanja di Pasar Senen, antara murah sangat dan sangat mahal

Pengalaman membuat SIM di Polres Tangerang

Takjil itu apa sih?