Postingan

Menampilkan postingan dari Mei, 2013

interval ke 3

1 e N a 2 e N a 3 e N a 4 e N a Satu perenembelas
Ia yang membukakan konstelasi baru kehidupan Keseragaman jutaan struming Isyarathidup tak selalu sama Naik turun, up down,
Kita selalu berkembang dan Berusaha mematang layaknya kesempurnaan Sebuah not...
Kadang berjalan dalam tangga mayor, bahagia... Tapi connection mengingatkan rehat sejenak Berhenti dalam dominant7, lalu ke d
disana ada f# dengan ketajamannya, merintih... Kepiawan arpegio wujud indahnya dinamika hidup
Softpegio menjelma jadi guru pendengar yang baik... String menghubung-hubungkan kemungkinan hidup Ada cinta dibalik gilanya, Ada sesuatu dibalik interval ke-3 Ada sesuatu mengapa dua not Tak akan pernah berdamping dalam 1 string root Sesuatu dari sekedar kemustahilan Seperti dua orang berkata satu sama lain Siapa yang jadi pendengar?

bahasa tanpa aksen

Ada tiga belas mahasiswa baru semester ini, mereka dari china. hihi. di kampus saya semuanya berbahasa arab, jadi tentu saja, mahasiswa dari berbagai pelosok dunia, mulai dari inggris, prancis, singapura, thailand, china, philipina, semuanya bertutur pakai bahasa arab.selepas solat, sengaja tak langsung ke luar dari mushola, ada beberapa mahasiswa asal china yang lagi kongkow, ah ikutan aah. saat mulai bicara, ternyata bahasa arab mereka aneh, kosa katanya jadi sedikit berbeda, banyak tercampur suara hidung. hihi.. aksen (logat/lahjah) ternyata penting banget, tapi syukurlah akhirnya nyambung juga, bahasa arab dengan aksen indonesia vs china hihi.Aksen sangat penting karena membantu pemahaman secara cepat dan instan, coba bayangin kalau ada orang jawa bicara sunda pakai aksen (logat) jawa, ya jadi aneh kedengarannya….Aksen yang membedakan mana penutur asli dan bukan walau bahasa yang digunakan sama. soo… belajar lagi ...

dilarang curhat di lembar jawaban.

percaya malaikat? percaya.
ada dua malaikat di kanan kiri yang catat perbuatan kita, keren banget, malaikat bawa bawa diary tiap hari. but, sayangnya kita tak bisa lihat hasilnya dalam waktu dekat. tapi nantiiiiii... dalam waktu yang ndak ditentukan kapannya. kadang suka mau tanya ga jelaas, malaikat nulisnya pakai bahasa apa ya? hihihmm, kembali ke alam nyata... saya baru ngeh.. ada notifikasi tertulis dalam lembar  yang bisa dilihat dari jarak 2 meter oleh orang yang miopi 2,5, semua yang tertulis tentang tata tertib ujian.. dan .. aneh2,
antaranya... mengisi hanya boleh pakai pulpen tinta biru atau hitam.. pengumuman kayak gini pakai ditulis segala, lagipula ngga bakal ada yang nulis pakai tinta merah.. (emang surat cinta hihi). ada lagi yang lebih aneh, dilarang menceritakan profil diri sebagai jawaban (curhat), yang curhat pasti lagi galau dan ga tau jawaban (males). dan yang paling recomended.. pastikan tidak ingin pub dan pepsi setelah masuk ruang ujian. ijinnya sulit. kalau…

welkam bek

setelah ini apa lagi ya?

 Manusia tak punya akhir kan? hihi, akan selalu ada dan terus ada... lalu apa dong bedanya dengan Tuhan yang selalu ada? hmm... saya tak tahu jawabnya. terlalu rumit untuk dijawab, nanti saja kalau kita sudah masuk ke Akhirat dan mudah mudahan bertemu Tuhan (aamiin), kita tanyakan Tuhan, mengapa kami akan kekal tiada akhir setelah Kau tiupkan ruh kami?

  leave it!, it's too complicated, kita balik ke kehidupan yang sederhana saja, akhir akhir saya ini tak sempat sama sekali tulis Blog, bahkan sampai kesalahan fatal karena salah kirim tulisan chat ke Blog, fuih ampun God.

  Ujian tahun ini gila-gilaan, bahkan membuat gila, sampai saya tak bisa pulang selama seminggu lantaran kalau pulang nanti tidur tiduran ndak buka buku hihihi.. tak ada kawan belajar, debat dan kongkow bareng... so mesti bermalam di sebuah tempat di Ibu Kota. jadi sinyal internetpun kena dampak...mesti di rem.. back to book back to nature.. without any signal of GPRS or 3G.

  kenapa …

Daffodil

Andai saja hujan memberi kabar
Andai saja langit berkata benar
Andai saja arakan awan
Seroja kemuning, daffodil mawar hati
Mereka bercerita
Apa adanya, tanpa menutupi matahari

memanusiakan manusia

Hp dalam saku bergetar, ada panggilan masuk... saat dilihat, ooh dari anu..

  "halo?"

  " asalamualaikum..." suara perempuan menyapa di ujung sana.

  "wa alaikum salam, " jawab saya

  "raa, bisa bantuin cari anak yatim di daerah kamu ya, kalau ada kamu kumpulin lalu hubungi aku, ada santunan . . ." katanya terburu-buru

  tut tut tut teleponnya putus, iiihhhhh..


Dasar manusia!, selalu saja terburu-buru..

  Anak yatim? dikumpulkan di2 sebuah tempat, bisa majelis, pesantren, atau bahkan di kelurahan, atau juga di rumah orang kaya, setelah itu mereka maju satu satu untuk menerima amplop berisi uang. ada yang salah? sepintas tidak, toh mereka disantuni, mengamalkan ajaran baginda untuk sayang pada anak yatim, juga berbagi rezeki dengan mereka. juga supaya masyarakat melihat dan ikut-ikutan beramal (supaya dilihat juga ? ). ya semua itu baik.


  Tapi pernahkah kita merasa, tidak semua yang dikumpulkan beramai-ramai memiliki perasaan senang, lalu berujar da…

Rehat

Saya senang membaca puisi, terutama karya rendra, populer tapi serasa menjitak kepala, atau karya khairul yang sarat emosional seorang manusia, atau karya MH. Ainun Najib, selalu saja mengingatkan saya supaya cepat bertobat, atau karya Dosen saya Sapardi Djoko damono, sederhana dalam kiasan bahasa cinta, bapak emang omnya puisi cinta. Juga KH. Mustofa Bisri, puisinya nyentil, nyekek dan pada akhirnya melepas bebas supaya megap-megap hirup udara bebas, puisi mereka semua tidak ambigu, mudah dicerna, tapi berat maknanya minta ampun kerennya. Tapi belakangan saya kagum pada puisi puisi sardi kapilano, ambigu, multitafsir, dan tetap sebuah masterpis yang sungguh indah untuk dibaca dibaca dan dibaca.

Dan masih banyak lagi-lagi dan lagi puisi puisi luar biasa lainnya,

Untuk cerpen, saya merasa Langit makin mendung karya kipanjikusmin masih belum menemui rivalnya hingga hari ini. Cerpen kontroversial, memenjarakan pemberi izin terbitnya, juga cerpen campur aduk dari kelas lumpur hingga pr…

Perahu

Gambar
Ada perahu,
Menunggu
Berlabuh
Tertambat

Ada perahu,
Di belakangnya
Batas dua dunia
Air  udara

Ada perahu
perhatikan
ia berderet
menunggu

ada perahu
selepas subuh
pulang,
membawa ikan

ada perahu
membuat bayang
antara air tenang

ada perahu
yang mesti kita tahu
menunggu
tertambat
untuk kita lihat

ada perahu
di pinggir pantai
yang menyisai
tapak kakimu
beberapa lalu

Ada perahu
Juga aku
Terpaku
Ombak merindu
Tak beriak

di mana
sisa jejak itu?

Horee...

Nge-gebuk air di rawa terciprat muka sendiri, pas sekali dengan yang saya lakukan, beberapa kali memprivasi account blog, ada beberapa tulisan teralalu frontal dan sensitif, saya sendiri tak nyaman membaca beberapa tulisan saya itu, ndak ndlosor nerimo pandum, dan mesti di draft-kan, tapi saat selesai, malah bingung menonaktifkan privasinya lagi.. Hihihi

Seperti ini, blogger yang ndak ngerti komputer, merangkak di tempat. Sekarang sudah bebas.. Tidak mbingung lagi. Dasar dukun google.mestinya masuk infotaiment saat berita eyang subur terkubur.


Jaga raga

Dik,
Jaga raga,
Tengah pancaroba.

Tetap bahagia,

Kau juga sahabat,
Jaga raga.
Tengah pancaroba.

tetap bahagia.

Kopi sindang

Gambar
Kopi setesi air sedandang....




Sent from my AXIS Worry Free BlackBerry® smartphone

Merah Hanjuang

Aku seperti merah hanjuang di tengah pematang
  di antara kehijauan sepanjang pandang
  Sepi di tengah keramaian

cakrawala jingga

akan ada suatu hari
kita berlari kecil sepanjang pantai
tanpa alas kaki
menyesapkan jemari kaki ke dalam lembut pasir
sesaat tertawa, sekejap saling pandang
membiarkan angin laut menerpa pakaian kita


kita menghentikan lari
menatap biru cakrawala berangsur melembayung jingga

kondangan oh kondangan

Minggu ini saya kebanjiran undangan pernikahan, syukur deh jadi ketemu kawan lama, musuh lama, sahabat lama, dan semua yang lama lama ketemu lagi, semunya jadi baru :)

  kadang suka pangling kalau sudah lama ndak ketemu, eh tiba tiba ketemu, bayangan masa lalu kadang meleset, terutama wajah dan kumis hihi. 

tapi tadi sebelum berangkat, saya tanya kawan,

    "loe di undang sama si randa ?"

     "di undang.." 

      "bareng nyok ..," 

     "gua gak kondangan, lagi boke.."

       hmmm, saya malas menambahi. mendengar kata-katanya jadi teringat beberapa bulan lalu, saat saudara saya melangsungkan resepsi pernikahan, seorang tamu  terus terang bilang ke yang punya hajat sambil setengah berbisik, tapi terdengar . . .

      "Pak, maaf ya pak, saya nggak enak sudah diundang kalau ngga dateng, tapi saya hanya bisa menghadiahi do'a untuk anak bapak"



Kumis

Tadi ...

  Kumis saya mulai tumbuh lagi, horeee... :) , setelah mengunggu lama, akhinrya sebentar lagi kumis ini bakal menghiasi atas bibir, punya kumis itu idaman, tapi hobi saya tak memungkinkan saya memiliki kumis, jadi mesti selalu dicukur, tapi minggu ini saya di rumah istirahat dari hobi, horeee... punya kumis. acara (hobi) minggu ini kosong, tapi jadwal hobi sudah tersemat di minggu minggu berikutnya, horeee minggu ini punya kumis,

Barusan ....

   Telepon genggam berdering, saya sudah hafal siapa yang nelpon.

    "haloo...?" tanya saya

    "ra, loe besok ada acara ngga?" tanya seorang laki laki di ujung telepon

    "kebetulan kosong bro.." jawab saya...

    "Lw isi acara gua bisa ngga?" tanyanya lagi

    Ujung jari saya menyentuh sederet kumis yang baru saja mulai tumbuh,  hmmm... maaf ya kumis, kayaknya kamu mesti di cukur lagi, besok temenku kasih hobi, ga enak kalau di tampik..

   " hmmm, oke deh bro.." jawab saya singkat.…

Mengenalmu

Tujuanku hidup?
Ya, Ibadah..
Di sela selanya
Kumendapat kesempatan
Mengenalmu, lalu jatuh hati
Semenjak lalu
Semenjak perasaan belum ada
Sejak kita masih begitu muda.

Ku ingin menuntunmu
Menemanimu saat kau sendiri
Menyapu bulir dalam dukamu
Membenamkan perasaan
Melebur rindu
....
Mencintai hambaMu karenaMu
Ibadah pula Tuhan?

Moga Guru Honorer buru buru jadi PNS

Kalau tidak lihat statistik blog hari ini, saya tidak tahu kalau hari ini hari pendidikan nasional, hehe jadi malu, maklum sibuk sks uts, tapi saat lihat keyword yang lari ke blog hari ini banyak hardiknas saya jadi penasaran buat buka judul tulisan satu tahun lalu "Selamat hari pendidikan nasional, semoga...", saya baru engeh sekarang Hardiknas, yo wis, bingung mau komentar apa... satu saja lah komentarnya, moga gaji guru naik terus tia bulan hihihi, karena yang saya baca dari artikel artikel di internet maupun cetak, tuntutan guru cuma atu : tingkatkan kesejahteraan guru demi Indonesia lebih baik.. aamiin moga terkabul dan makin banyak guru honorer diangkat jadi PNS lah, juga kalau jadi PNS jangan cuma absen doang, terus ngabring ke mall, aaamiin banget :D

   Belum lama ada hari kartini, kemarin hari buruh, sekarang hardiknas, nanti ada hari ibu, ada hari AIDS, ada hari menanam pohon, hihi kalau setiap tanggal sepanjang tahun ada hari khususnya, saya ndak perlu bingung…

Rumah Idaman

Gambar
Rumah ini difoto beberapa waktu lalu di kabupaten Tangerang
   Foto rumah yang Jauh dari kategori rumah idaman, di tifi tifi orang orang kaya memerlihatkan rumah idaman mereka, luas, hijau, bersih, berhiaskan barang mewah, lukisan mahal, sofa kulit macan (hihi), sekalipun ada yang minimalis tetap saja kemewahannya dan 'kemahalannya' yang tampil,,,
   yuk menunduk sedikit, kita akan dapati sebuah rumah tanpa gerbang, tanpa gonggongan anjing, tanpa penahanan KTP oleh satpam,  atau diinterogasi "mau apa?", perlu sama siapa?.. dari mana? dll..

    mungkin rumah seperti foto di atas tak diinginkan oleh semua orang, tapi jika takdir berkata lain?
tak bisakah seseorang memiliki rumah idaman?, coba kau datangi keluarga si pemilik rumah, kau akan tersentuh, bukan oleh rombengnya dinding, bocornya atap, atau segudang tanda kemiskinan lainnya, tapi kau akan tersentuh oleh kedamaian keluarga di dalamnya, kepenuh syukurannya, sikap anak-anaknya yang sopan, si bapak yang murah sen…

Jadi tukang surabi?

Selamat Hari Buruh

bunda papah hebat ya?
hmm, menurut nanda hebat?
iya, papah bisa mempekerjakan banyak orang
papah punya pabrik
terus bisa suruh supir buat antarku sekolah

tapi bapak kawan sekelas nanda lebih hebat bunda..
kok?
iya, bapaknya yang antar ia sekolah
pakai motor
terus berangkat kerja
kerjanya di pabrik papah bunda

kalau ngga ada bapaknya temanku
mungkin papah ngga sehebat ini bunda?