Pos

Menampilkan postingan dari November, 2012

7-Eleven

Gambar
Kreatif, ya kreatif, bumi hidup, tumbuh dan ramai berkat orang-orang kreatif, dalam hal apapun itu, hingga belakangan orang-orang kurang kreatif terpinggirkan dalam kancah, termasuk jasa retail.
Dulu kita belum mengenal alfamart, indomaret, kita hanya mengenal warung klontong tradisional, di warung ini tak bisa melihat harga, kadang berdesakan, suasana warung yang kurang nyaman baik dari penerangan maupun peletakan barang.
Kini bermunculan toko-toko retail yang menawarkan kenyamanan berbelanja dengan harga bersaing, alfamart sebagai contoh kecil. Toko kelontong memang tetap jadi rujukan berbelanja grosiran atau untuk dijual kembali, tapi kini mulai diblok oleh toko modern yang juga menjual grosiran/massal (wholesale) yang mulai kita kenal dengan nama lottemart, warung kaki lima pinggir jalan yang biasanya buka sampai larut malampun kini mendapat tantangan dari semakin menjamurnya toko-toko retail 24 Jam, circle K contohnya. Bukan hanya itu, warung mie rebus, …

Belajar Berbahasa Sunda

Gambar
Saya coba bicara bahasa sunda, walau masih banyak kesalahan, tak
apalah kan namanya juga belajar. Sedikit demi sedikit bisa. Walau
aksennya belum dapat hehe. Saya percaya lidah saya dicipta untuk
berbahasa, saya pasti bisa basa sunda :).

Kalau mendengarkan orang tua sedang bicara saya faham, tapi
mendengar berita bahasa sunda saya angkat tangan.

Kalau ada cerpen atau majalah basa sunda seperti mangle, saya
mesti baca sambil duduk di depan orang yang bahasa ibunya bahasa
sunda. Karena Kosa kata tutur banyak memiliki perbedaan dengan bahasa
tulis :(.

Bagaimana dengan menulis? Mungkin beberapa tahun ke depan baru bisa :).

Ternyata kemampuan berbahasa tak hanya cukup bicara.. Kuncinya
dengar-praktek-baca :)..

Belajar berbahasa sama dengan menenggelamkan diri dalam lautan kata :).

"Cikaracak ninggang batu laun-laun jadi legok"

--
Sent from my mobile device

Bagaimana Kalau di Bumi Tak ada Lagi Pohon?

Gambar
Siapa yang pernah menanam pohon? mudah-mudahan pernah semua :). Nah hari ini tanggal 28 November dinobatkan menjadi hari menanam pohon nasional, karena pentingnya keberadaan pohon, maka pemerintah RI menambahkan bulan Desember sebagai bulan menanam nasional. pasalnya intensitas hujan di Indonesia sudah cukup baik di bulan ini.
   Kita semua senang kerindangan, pohon hijau yang menghasilkan udara bersih, pegunungan, pantai dengan barisan pohon kelapa, taman, dan semua tempat yang ada pohonnya :). sampai kuntil anak pun lebih senang duduk-duduk di pohon hehe. Dalam Islam pohon menjadi simbol kehidupan, Allah sering menyebut kata "pohon" dalam firman-Nya. Bahkan Rasul melarang membakar, menebang pohon dalam peperangan kecuali keadaan mendesak. Betapa pentingnya sebatang pohon :). 
  Beda lagi dengan Andrew Stanton, dengan kreatifitasnya menciptakan film animasi Wall.E yang juga masih bercerita tentang pohon. dalam film ini manusia  meninggalkan bumi yang terlalu tercemar hin…

Saya Rela Dibuang Ke Jepang

Gambar
Bingung lihat pengendara kendaraan baik besar kecil, roda duasampai roda enam belas, semua berebut jadi yang terdepan, terlebih roda dua, dia yang paling nafsu sempil sana selip sini, memang sih nenek moyangnya turut membangun jalan, tapi bukannya santun berkendara lebih asyik dan menentramkan.

  Khusus di Jakarta, jalur transjakarta jadi buruan pengendara roda dua kalau macet total, hehe saat di sensus siapa saja yang masuk jalur si Transjakarta, saya kena sensus :D. Polisi paling hobi kalau pengendara masuk jalur Transjakarta, terlebih sekarang separatornya meninggi, makin sering Polisi dapet kue basah para pelanggar hihihi. Untung saya belum pernah kena :). dasar mujur.

  Sedih sih, kalau lihat gelagat ketidak-sopanan para pengendara, tapi mau bagaimana? kayaknya sudah mengakar sampai ke dasar bumi. tapi tenang karena kita masih punya generasi berikut, "tebang pohon Apel yang sudah tua, atau biarkan meranggas dan mati, kemudian tanam bibit Apel yang sehat dan kuat".

 …

Sisindiran Pro 4 RRI Bandung

Gambar
Apa yang sering kita lakukan saat berkendara?

- Dengerin Musik pakai musik egois (earphone)
- Melamun
- Ngantuk
- Dengerin radio

    Kalau saya pilih yang  terakhir, mendengarkan radio lewat Hp pakai musik egois (earphone), Syukurlah kini saya di hp sudah terpasang Nux Radio, dengan sesuka hati saya bisa memilih mana siaran yang bagus dari seluruh Indonesia maupun internasional. Saya pilih Pro 4 Bandung.

   Saya pilih Pro 4 bandung karena saya cinta bahasa sunda, bahasa leluhur :), walau kalau bicara bahasa sunda masih banyak kosa kata yang nggak bisa, tak masalah hehe. benar-benar sebuah kebetulan, Pro 4 sedang menyiarkan Sisindiran (pantun) dalam bahasa sunda, walau ada beberapa kosa kata yang saya tidak tahu, tapi saya masih bisa tersenyum sendiri, sifat program sisindiran yang interaktif memungkinkan kita menelpon dan berbincang dengan pembawa acara (mang Juju). Indahnya para penelpon di program ini tidak berebut, bahkan sering menanyakan apakah ada penelpon selanjutnya yang suda…

Selamat Ulang Tahun

semoga makin semangat
bahagia
ingin mendekatkan diri pada tuhan
terima kasih karena telah memeluk harapan-harapanku
mewujudkannya walau tak sepenuhnya sama dengan keinginanku
Aku akan selalu berkeinginan
hingga hidupku berakhir atas keinginanMu

Terima Kasih Nux Radio

Gambar
Waktu membeli Blackberry curve 8520 saya sedikit pesimis karena
pihak produsen tak membenamkan radio di dalamnya. Tapi pagi ini
kepesimisan itu terjawab.

Dari namanya saja "smartphone" ponsel blackberry yang cerdas
pasti punya jalan keluar untuk masalah radio di Hp saya :), dan jalan
keluar itu adalah Nux Radio.

Setelah download aplikasinya, Nux radio memungkinkan saya mendengar
ratusan stasiun radio yang terdaftar dari seluruh Indonesia, tanpa
perlu antena, tanpa perlu mengatur gelombang supaya hilang noise, yang
saya perlukan adalah paket full servis atau sinyall wifi. So, betul
rasanya kalau blackberry itu ponsel cerdas.

Terima kasih kang Ibnu Maksum alias iBNuX developer aplikasi Nux radio dengan desain oleh Wawan
Setiawan. Situsnya dikembangkan oleh Bayu Surya Irawadi

Kalau ponsel saja cerdas bisa memecahkan masalah, kita juga bisa
kan memecahkan masalah kita?

UTS bukanlah segalanya :)

Terdesak ya? Saat beberapa jam akan di mulai UTS baru sibuk
belajar, baru sibuk buka buku, menghafal?, terdesak kan?

Tak nyaman memang kalau kita melakukan sesuatu terburu-buru,
kemana saja kita? ke mana waktu membaca?, maka tak heran kalau ada
yang mengatakan "santai pangkal terseok-seok". Kemarin santai sekarang
gasak gusuk, bingung, tegang, belum hafal, belum ini, belum itu, nanti
soal UTS gimana? Susah ngga ? Dll

Lalu kapan kita mau berubah?, membaca pun malas, bagaimana
menulis? Mahasiswa tak mau membaca ? Lebih parah lagi tak suka baca?
Kalau baca saja tidak suka, bagaimana nanti kalau ingin menulis
berjilid kitab? Adakah waktu untuk itu? Atau masih sibuk berkutat
dengan status status facebook itu?

--
Sent from my mobile device

Di mana waktu membaca?

Gambar
Rumah-rumah selepas magrib penuh dengan suara tv, tidakkah mereka sempatkan waktu untuk membaca? Dua atau tiga halaman, atau bahkan satu buku, jika ada seorang ibu mengajari anaknya membaca itupun sambil nonton tivi atau setelah selesai mengajari anaknya baru menyalakan tivi, lalu kapan si Ibu membaca?.
    Seperti kebanyakn kita, padahal dulu saat SD susah payah belajar membaca, tapi setelah bisa dan lancar membaca kita malah enggan membaca, lupakah kita pada keberhasilan keberhasilan kita di masa lalu?

Separator Baru untuk Bus Way

Gambar
Entah karena berganti Gubernur jadi mas Joko atau untuk memperbaiki separator yang terlalu ceper dan banyak yang rusak karena sering dilindes motor dan metromini yang takut polisi, kini separator busway meninggi seperti pagar berwarna kuning, hehe buat yang biasa melanggar masuk jalur busway sekarang mesti pikir dua kali. 
      Karena ga bisa kabur dari jalur busway kalau di depan ada polisi :), termasuk saya hehe. Andai saja kita bisa impor budaya antri di Jepang, pasti pemkot Jakarta gak usah buat separator tapi cukup garis marka pemisah antara jalur Transjakarta dan jalur umum, sayangnya belum.. kapan ya kita bisa antri kayak bebek :)

mudahnya Posting lewat e-mail

Alhamdulilah, baru saja aktifin e-mail untuk blogspot. Saya baru
sadar hehe kalau bisa posting blogspot lewat e-mail. Selama ini terus
lewat pc. Tapi nyatanya ada yang lebih mudah dari sekedar pc. melalui
e-mail, waktu dan tempat tak menjadi batasan buat posting somting,
kecuali pulsa kering, atau sinyalnya gak ada :).

Hidup makin mudah saja, tinggal kitanya mau pakai kemudahan ini
atau tidak :).

Saya Ingin ke Luar Negeri

Luar Negeri seperti apa rasanya ya?
Kepingin banget ke luar negeri tapi bukan ke Asia Tenggara, pinginnya ke timur tengah, Eropa, Amerika, Jepang, China yang terakhir Alaska.
   Di kelas bosen dengerin dosen Mesir cerita tentang makanan negaranya, Dosen Yordania cerita pengalamannya waktu memberi mata kuliah sastera arab di Amrik, dalam hati, saya protes "ini dosen jauh-jauh pada datang ke Indonesia, tapi saya sendiri belum pernah ke luar pulau jawa". modal bahasa sudah punya, paspor masih di kantor Imigrasi belum dicetak, tujuan datang ke LN sudah jelas yaitu "saya penasaran". tapi satu modal yang belum saya punya...

Duit.. ada yang mau kasih uang untuk ngilangin rasa penasaran saya?

Saat Tamu Undangan Berupa Sebuah Amplop

Bulan Haji memang selain menjadi musim haji juga menjadi musim nikah, musim kawin, dan ujung-ujungnya musim kondangan, amplop laku, Janur kelapa laku, pokoknya serba laku, tapi ada satu yang belum laku hehe, saya sendiri :)

    Mungkin saya terhitung sudah agak dewasa umurnya, tak tahu dengan pikirannya, jadi beberapa waktu belakangan ini suka ada saja undangan pernikahan mampir ke rumah, biasanya si Bapak yang dapat undangan tapi kali ini undangannya buat saya :). tak cuma satu tapi ada beberapa, dalam undangan sih tak tertulis mesti apa yang mesti dibawa saat datang ke acara pesta, di undangan hanya ada waktu dan tempatnya saja. amplop gak masuk kategori wajib bawa. hihihi, makanya banyak yang salah kaprah, kondangan sih nitip. wong yang diundang itu orangnya bukan amplopnya. kalau tulisan di kartu undangannya :

Kepada Yth..
Sdr. Amlop beserta isinya
Di   t e m p a t

    Nah, jika seperti itu tulisannya maka yang diundang amplopnya, kita bisa saja nitip amplop karena lagi gak …

Pesta Pernikahan Kok di Tengah Jalan?

Beberapa hari lalu ada yang beda saat pulang kuliah, jalan yang biasa saya lalui ditutup karena sedang ada pesta pernikahan, saya memutar lewat jalur lain, kalau jalur alternatif yang saya lalui tak terlalu jauh itu mungkin tak masalah, tapi kalau sebaliknya. jadi nge-bete-in.

   Seperti inilah hidup di kota dengan lahan seadanya, banyak yang tak punya halaman rumah, sekalipun punya, tak dapat menegakkan tenda biru, gang-gang sempit. pada akhirnya satu-satunya tempat umum yang bisa digunakan adalah lapangan, sayangnya lapangan kini sudah dibangun jadi perumahan, akhirnya jalanan jadi pilihan lahan murah meriah. tinggal bayar ke beberapa orang yang punya kuasa, besoknya mengadakan pesta. " maaf untuk ketidaknyamanan ini, "jalan ini ditutup sementara". Enak banget ya, tinggal minta maaf jalanan bisa ditutup, memang sih jalur mereka tutup bukan jalur utama, tapi buat orang yang biasa lalu lalang di jalur itu bisa jadi bikin ribet, belum lagi kalau buru-buru, solusinya?

Kami Bosan Hidup Dalam Ruang

Pagi,

Kenapa mesti
Sekolah-sekolah mengurung kami
6, 9 hingga 12 tahun bergelut jenuh
Menguras peluh.

Siang,

Kami rindu,
Meletup riang saat kau menjemput
Dari ruang membosankan ini
Dengan bangku meja berjajar
Dengan pelajaran yang dipaksakan
Kami ingin bebas..

Siapa tahan hidup dalam ruangan setiap pagi?
Setiap hari, PR PR tak henti-henti
Kami benci..
Kami benci semua ini.
Kami rindu alam,
Kembalikan kami ke alam bebas
Kembalikan jiwa kami
Kembalikan keinginan kami

Kami hanya perlu bimbingan
Tak mesti dalam ruang
Tak harus semua bidang

Toh, pada ujungnya banyak kami kembali ke ruang setelah belasan tahun terkukung dalam ruang

Menghambakan pengetahuan yang kami dapat pada kapitalisme..bukan pada jiwa kami sendiri

Tuhan, kapan kami bebas dari penjara bosan?

Tentang stiker Hitam kuning

Gambar
Pernah lihat spakbor belakang dari motor-motor di jalanan? Pasti pernah ya. Coba kalau kita perhatiin, biasanya ada stiker warna kuning atau hitam bertuliskan berbagai macam kata dengan warna kuning/hitam. Mulai dari nasihat, hikmah, lelucon, narsisme, primordialisme, bahkan sampai kata-kata sarkasme (ngatain orang).

Parahnya ada juga tulisan saling menjatuhkan, pemilik motor bergigi punya motto, lantas stikertnya mengatakan "lelaki pakai motor oper gigi". pemakai motor matik tak mau kalah, stiker mereka "hari gini oper gigi? Cape dweehhh".. Pemilik vespa ikut nimbrung merasa kalau pemilik vespa juga harus eksis, stiker mereka "lelaki sejati oper gigi pakai tangan kiri".. Tak sampai di sini, karena pencinta motor gede juga punya motto.." Lelaki naik motor bebek?, di bawah tulisan ada gambar bebek" hehe, jadi apa dong yang nggak naik motor? Yaps, seperti inilah pengakuan identitas jika diukur materi yang dimiliki.. Gak ada yang…