Postingan

Menampilkan postingan dari Juli, 2012

Takjil itu apa sih?

Gambar
Tadi saat berbuka puasa bersama, adik kelas saya bertanya :
” kak takjil itu kolek ya ka?” tanyanya tiba-tiba hmmmm… kok kolek sih, saya membatin. ternyata makna takjil masih belum banyak difahami.
kemudian secara sederhana saya berusaha menjelaskan sebisa saya,
“takjil itu bahasa arab dan artinya bukan kolek, dari sisi bahasa takjil berasal dari ajjala yuajjilu ta’jiilanyang artinya menyegerakan, atau melaksanakan sesuatu dengan segera.”
“jadi dari sini sudah terbayangkan, takjil itu maksudnya apa?” tanyaku
“siap bos, jadi takjil itu menyegerakan berbuka puasa” jawabnya
“tepat sekali” jawabku. lalu kamipun menyantap bubur kacang hijau yang dicampur roti tawar. Dari pengalaman di atas saya jadi mengerti, tak semua orang faham apa yang dikatakannya. terutama ungkapan-ungkapan yang berasal dari bahasa asing, kita hanya mengikuti tren, yang penting faham, seperti di atas, kebanyakan dari kita takjil adalah makanan berbuka, sebagai contoh kita pernah bertanya :
“menu takjilnya apa?”
 …

Keajaiban 3 Butir Kurma dan Segelas Air

Gambar
Allah dan rasulnya telah mengatur waktu puasa dengan sangat ketat yaitu dengan mengakhirkan sahur dan menyegerakan berbuka, ini menunjukkan waktu untuk berpuasa telah diatur dengan sedemikian baiknya, kita dianjurkan mengakhirkan sahur agar jarak waktu sahur dan berbuka tidak terganggu, dan kita disunnahkan segera berbuka karena memang saat itulah tubuh kita perlu energi kembali setelah seharian terlepas dari asupan makan dan minum.
Tidak semua yang lebih itu baik, puasa lebih lama dari yang rasul contohkan dapat mendatangkan kerugian, seperti mengakhirkan berbuka, ini menyebabkan tubuh kita yang seharusya memperoleh energi menjadi tidak mendapatkannya pada waktu yang telah ditentukan yaitu sesaat setelah terbenamnya matahari. Rasul juga telah mencontohkan berbuka yang baik yaitu dengan tiga butir kurma, tiga butir kurma memiliki kandungan kalori sebanyak 120 kalori, bagi orang yang tidak melakukan tugas tugas berat setelah berbuka hanya membutuhkan 27 kalori atau 40 kalori perjamnya t…

Sang Alkemis, perjalanan menuju jiwa dunia.

Gambar
Pernah baca novel sang pemimpi buah karya andrea hirata? menggugah bukan? buku yang berisi perjalanan ikal dan arai mengejar mimpinya, ya memang, novel dengan tema pencarian memang manarik dan membangkitkan semangat hidup, nah itu versi Indonesianya, ada buku lain yang juga tak kalah menarik untuk dibaca dan difahami yang datang dari negeri seberang (Brazil).

     Saat kecil dulu, ketika ditanya ingin jadi apa, kita sering menjawab jadi dokter, artis, pilot, pemain sepak bola, seniman, tentara, dan masih banyak lagi. tapi apakah kita menjadi seperti yang kita impikan waktu kecil dulu, rasanya kebanyakan tidak. banyak dari kita merasa mimpi kita tak mungkin kita raih, pasrah pada keadaan. nah buat yang merasa sedang tertimpa perasaan seperti itu, merasa sulit sekali mewujudkan hal-hal yang begitu kita inginkan, coba deh baca The Alchemist, sebuah novel perjalanan spiritual karangan Paulo Coelho.

    Novel ini mengajarkan kita untuk bermimpi, bukan sekedar bermimpi, tapi berusaha…

Pulau cangkir, antara ada dan tiada.

Gambar
Memang segala sesuatu kadang terjadi tanpa sebuah rencana, begitu juga perjalanan kali ini, saya dan sahabat, berencana ke pintu seribu di kawasan bayur, Kab Tangerang, setelah sampai saya langsung mengunjungi sebuah pondok pesantren nurul aulia yang terletak tak jauh dari lokasi benteng pintu seribu, sayang sekali, teman yang juga seorang santri tak bisa menemani saya masuk ke dalam bangunan pintu seribu lantaran ia harus mengaji, maklumlah santri lebih sibuk di bulan ramadhan.

   Layar sudah terbentang, masa sih digulung lagi?, ya sudah tanpa perencanaan matang saya dan sahabat melanjutkan perjalanan ke pulau cangkir yang berjarak 35 km dari bayur, mumpung hari minggu dan libur, perjalanan dibulan puasa menjadi perjalanan yang cukup mengasyikkan.

   Jalan Raya Mauk, merupakan jalan terpanjang yang kami tempuh 15km, disusul jalan raya kronjo 11 km, kanan kiri jalan sawah dan kebun timun suri, hmmm, matahari memang terik, tapi hempasan angin jalan dan pemandangan hijau menjadi …

Saat keduniawian merubah wajah dunia

Gambar
sedari kecil saya suka lirik lagu Iwan fals, suka dengan nadanya bukan maknanya,
seperti :

Di depan mesjid samping rumah wakil pak lurah
Tempat dulu kami bermain mengisi cerah nya hari
Namun sebentar lagi lampu tembok pabrik berdiri
Satu persatu sahabat pergi dan tak an pernah kembali 

 - Ujung aspal Pondok gede . Iwan fals

   seiring bertambah usia, saya menyadari betapa lirik-lirik lagu beliau begitu dekat dengan keseharian saya, bahkan beberapa penggal lirik ujung aspal pondok gedesaya alami dengan hati, mata, dan kepala saya sendiri.

   Beberapa saudara dan teman kini pergi, rumah mereka berganti dengan tembok tinggi menjulang angkuh, tembok yang tak memiliki hati dan rasa, tembok yang jauh dari sentuhan keindahan, entah sitembok yang menginginkannya demikian, ataukah si empunya tembok.

   Lahan tempatku bermain, berganti kotak-kotak kontrakan, sungai tempatku mencari ikan, menghitam, teman-temanku pindah seiring terjualnya rumah mereka, oh, akankan uang memisahkan segalanya,…

Merasai Ramadhan

Merasai Ramadhan dari tahun ketahun, semakin gersang, semakin dekat dengan keduniawian, bulan ini pedagang sibuk dengan dagangaannya, para ibu sibuk dengan apa yang akan dimakan saat sahur dan berbuka, para bapak sibuk dengan pekerjaannya, banyak yang berpikiran butuh uang banyak untuk berlebaran, baju baru, makanan enak, mersen anak-anak kecil. tapi sedunia itukah bulan ramadhan?

     Melihat ramadhan di tifi-fiti pun tak jauh berbeda, kemarin pagi di tempat foto kopi, konser trio macan sudah muncul di televisi, dilihat jutaan warga muslim yang tengah berpuasa, busana mereka semaunya, inikah ramadhan yang selalu dinanti? dinanti untuk mendekatkan diri pada Allah, ataukah dinanti hanya untuk mendulang lebih banyak uang, lebih banyak popularitas, dan lebih banyak ragam makanan untuk disantap saat berbuka, lebih banyak tertawa, lebih banyak hadiah, dan lebih banyak ikatan keduaniwiyan lainnya. 

    Jika seperti itu ramadhan, lalu apa makna ramdhan dari tahun ke tahun, Jika kita …

Bunga bermekaran

Kulihat bunga bermekaran, indah sekali.
kuncup kuncup yang sebelumnya tertutup mulai merekah.
lambat sekali, tapi menjanjikan sebuah kepastian.

Pengalaman Ban Bocor

Hari ini adalah hari ter-apa-yah? hari ini order barang dibatalin, itu nggak seberapa, yang lebih seberapa adalah hari ini ban dalam ban belakang motor sampai ganti dua kali. setelah saya ingat-ingat mungkin saya kualat kali yah.

          Beberapa minggu yang lalu, bapak ngasih duit buat beli ban luar yang udah tipis, tapi saya bilang "ah, nanti aja ah, masih lumayan tebel pa". dan hari ini adalah jawaban dari kata-kataku waktu itu, ban belakang yang sudah tipis menyebabkan ban dalam mudah bocor.

          Segalanya memiliki tanda, tadi saat keluar rumah dan mengisi bensin motor saya kempes, saya pikir ini hanya kempes biasa, betul kan cuma kempes, pasalnya sampai jakarta barat pun ban saya masih stabil, nah sampai jakarta selatan seseorang mengklakson saya, ih genit banget sih tuh orang. lalu ada penumpang motor lain yang menunjuk-tunjuk motorku, iye iye saya sudah tahu kalau motor saya keren, dan pada akhirnya sayapun sadar kalau ban belakang saya sudah tak ber…

Merasai tertawa.

Tertawa, pasti kita semua pernah melakukannya? sesering apakah kita tertawa?

Aku sendiri merasa tertawa adalah ungkapan rasa bahagia, saat tertawa aku merasa menjadi orang yang paling bahagia di muka bumi, tak terpikirkan berbagai hal yang akan membuat hati ini gundah gulana, ada saat-saat tertawa begitu mudah di dapat, namun ada saat-saat tertawa sangat sulit dimunculkan. itulah hidup, penuh warna.

Bukankah Allah menganjurkan kita agar tak jatuh dalam lembah kesedihan, tertawalah, karena tertawa adalah sebuah anugerah yang luar biasa.

cobalah tertawa, dan kita akan melihat segala sesuatunya lebih bahagia.

Aku butuh tertawa untuk merasakan sebuah kebahagiaan.

Kampung Kelor

Gambar

Hanya duduk dan mendengar dapat uang Rp 50.000,-

Gambar
Sore hari beberapa hari lalu,  Pak RT datang ke rumah saya lalu memberi surat undangan pada bapak saya, isinya ajakan untuk hadir di acara sosialisasi Lingkungan Hidup dari KLH (kementerian Lingkungan Hidup) esok harinya. hmmm... aku bilang pada bapakku agar tak usah datang, wong si bapak sudah sadar lingkungan kok, rajin, resik dan bersih tentunya, lah, lalu siapa yang akan hadir?. Saya akan menggantikan bapak, Bapak biar kerja seperti biasa.

     Acara dimulai jam 10.00 WIB, saya belum hadir, alasannya karena saya mesti menemani peserta lomba catur yang jadwalnya berbarengan dengan acara sosialisasi itu, saya baru bisa hadir jam 11.00, terlihat para ibu dan bapak sudah memenuhi bangku yang tersedia. saya datang, duduk, dengar, mencatat, kemudian bertanya saat dibuka termin pertama.

    Jam 12.00 ibu-ibu mulai kasak kusuk, kata mereka sudah datang waktu zuhur, tapi mengapa si pembicara terus saja berceloteh dan membanding-bandingkan lingkunganku dengan lingkungan percontohan sa…