Kampung Kelor


Saat berkunjung ke rumah saudara di Desa pondok Kelor, Sepatan Kabupaten Tangerang, sayup-sayup terdengar mesin diesel  tak jauh dari rumahnya, penasaran, saya datangi sumber suara itu, setelah saya tahu suara tersebut berasal dari mesin diesel di penambangan pasir milik warga setempat. 

Bpk. Juadi (Pemilik Tambang)
Baru kali ini saya melihat aktivitas penambangan pasir, walau tak jauh dari rumah saya ada bekas galian pasir, tapi saya tak tahu persis seperti apa penambangan itu, dan karenanya saya tak mau menyiakan kesempatan ini  dengan mengobrol langsung dengan pemilik tambang. 

Aktivitas penambangan pasir
Pada akhirnya saya au kalau pemilik tambang ini adalah bapak juadi, ia bercerita kalau tambangnya ini baru berjalan 3 bulan, bermula dari seseorang yang memberitahunya kalau tanah miliknya mengandung pasir, maka mulai saat itulah bapak juadi mengajak  warga sekitar untuk turut menambang di tanah miliknya, kini setidaknya ada 15 orang yang bekerja di tanah miliknya. Saya menanyakan apakah mesti ada ijin dari pihak desa atau kecamatan, ia mengatakan tak perlu ada ijin, lantaran tambang ini merupakan tambang tak resmi, setelah berkonsultasi dengan RT setempat, bpk. Juadi di persilahkan untuk menambang di tanah miliknya sendiri dengan syarat tak merugikan warga sekitar.  Kalau sedang banyak dalam sehari bisa dihasilkan pasir yang bisa memenuhi 10 mobil pick up, perpick up bapak juadi mendapat keuntungan bersih sebesar 130.000,- sedangkan para pekerja mendapat gaji dengan sistem pergrup, satu grup terdiri dari 5 orang. Dari setiap 1 bak pick up grup ini mendapat 30.000,- , namun murahnya tenaga para pekerja tidak membuat mereka tidak semangat dalam mengais pasir di tambang, terlihat kesungguhan mereka. Karena semakin banyak mereka menambang maka akan semakin besar uang yang bisa dibawa pulang. 



 Jika pasir sudah habis bapak Juadi berniat akan menjadikan bekas tambang pasirnya yang penuh air sebagai kolam ikan, karena selain menjadi pemilik tambang pasir, ia pun memiliki usaha menjual ikan, setelah informasi yang menurut saya cukup saya pamit untuk sekedar menagmbil beberapa gambar di lokasi tambang.

Comments

Popular posts from this blog

Pengalaman Membuat Cincau Hijau Sendiri :)

Pengalaman membuat SIM di Polres Tangerang

mudahnya Posting lewat e-mail