Tips Menghindari Ngantuk Di jalanan

sumber : www.jalurberita.com
Pernah suatu hari saya hampir jatuh dari motor, sebabnya satu : mengantuk. 
mata rasanya berat sekali, setengah sadar saya naik motor, beruntung saat itu jalanan sepi, jam 11 malam. sebab utamanya terlalu lelah dan kurang tidur.

waktu itu saya masuk ke dalam kondisi Alpa (mengantuk), hingga akhirnya saya kehilangan sebagian kendali diri, saya hanya ingat kalau saya sedang naik motor di jalan yang lurus, tiba - tiba mobil dari belakang mengklakson keras sekali, saya kaget dan mengerem mendadak, rasa ngantuk hilang seketika.
perjalanan saya lanjutkan, tak lama saya kembali mengantuk, mata sepat, badan lemas, tapi motor terus berjalan, buk. saya terguncang, saya tak melihat lubang besar di depan.

Padahal, saya saat itu punya pilihan untuk istirahat sebentar, atau mampir di warung kopi, tapi nyatanya tidak, saya kekeuh melanjutkan perjalanan dengan harapan cepat sampai. entah benar atau tidak, banyak kecelakaan di jalanan akibat rasa lelah dan ngantuk yang di paksakan.

Ada beberapa tips untuk meredakan rasa ngantuk di jalan :
  •  Utamakan keselamatan, walau ada batas waktu mengantar barang atau keperluan mendesak, usahakan berhenti sejenak, atau tukar kendali setir dengan orang yang masih segar.(isitrahat 1 jam untuk setiap 7 jam perjalanan)
  • Jika di jalan tol, berhentilah sejenak di rest area untuk sekedar mencuci wajah atau minum kopi.
  • Tidur sejenak, atau mampir di penginapan untuk yang banyak uang, di rumah teman atau saudara kalau ada di daerah terdekat, atau tidur di masjid kalau lagi cekak, hehe.
  • Minum Kopi sebelum melakukan perjalanan, karena kopi di yakini bisa menjadikan otak tetap siaga dalam waktu tertentu.

Comments

Popular posts from this blog

Pengalaman Membuat Cincau Hijau Sendiri :)

Pengalaman membuat SIM di Polres Tangerang

mudahnya Posting lewat e-mail