Ayat Tuhan dan Seni

Sebuah sketsa dekorasi
     Bagaimanapun kita perlu estetika, kita senang keindahan, kebersihan dan kenyamanan, belum lama ini saat melihat-lihat perlombaan menulis Mushaf, Dekorasi dan Naskah al-Qur'an al-Karim sebagai pelengkap rangkaian acara MTQ ke-IX tingkat Propinsi Banten di gedung serba guna Komplek Pemerintahan Kabupaten Tangerang, saya tak mengerti seni tapi siapapun bisa merasakan sebuah kesenian tanpa harus dapat menjelaskannya.



    Di gedung ini ada 12 orang peserta yang terbagi ke dalam tiga cabang : Mushaf, Dekorasi dan Naskah, setiap cabang dibagi ke dalam dua kategori : putera dan puteri. Mereka berlomba memperbutkan Juara 1,2, dan 3, saat melihat karya mereka ada terbesit decak kagum, Indah sekali, melihat warna bercampur padu di atas selembar kertas, melihat ayat-ayat Allah  tertulis rapih dengan kaidah seni. karena dari sisi manapun ayat al-Quran penuh dengan keindahan (Baca : Seni), dari sisi makna para ahli tafsir berlomba terus mencari makna-makna indah al-Quran, Para ahli grammatika juga begitu terpesona dengan keindahan susunan kata yang terhimpun dalam satu kitab suci dengan nama lain al-Kitab ini. Belum  lagi Ahli Qiroah yang mampu membaca al-Quran dengan suara yang begitu merdu, memetakan not-not suara untuk membaca al-Quran, dari dahulu hingga kini al-Quran menghasilkan begitu banyak seniman dan Ilmuwan, dan masih banyak sisi lain dari al-Quran yang mengukuhkan bahwa hanya al-Quran sebagai kitab pedoman umat manusia, Maka pantaslah jika tak seorangpun mampu membuat yang serupa dengan al-Quran.
karya yang belum selesai

     Semoga perlombaan membaca, menghafal, menulis, menafsirkan, menyimpulkan kandungan isi al-Quran membawa warga Banten khususnya yang beragama Islam kembali pada fitrahnya sebagai manusia, yang butuh kedamaian sebagai bagian dari estetika, hingga tercipta toleransi antar beragama, saling mencintai dan pada akhirnya mengukuhkan Islam bukan sebagai agama kekerasan, tapi Islam sebagai agama yang membawa kasih sayang dan kedamaian antar sesama manusia. semoga.

^_^

Komentar

Pos populer dari blog ini

Belanja di Pasar Senen, antara murah sangat dan sangat mahal

Pengalaman membuat SIM di Polres Tangerang

Takjil itu apa sih?