Pompa Air Manual (Pompa Genjot)

    Kini tak ada lagi pompa genjot dari besi yang setia menyapa setiap pagi. dalam satu rukun warga pompa besi tua buatan china itulah satu satunya yang belum lama ini masih bertahan, tapi tetap saja perubahan membuatnya tak mampu bertahan.

   Walau berkarat namun terawat, walau terlihat sudah uzur tapi air yang mampu ia pompa begitu jernih dan banyak. tak seperti jet-pump yang airnya kuning dan sedikit, entah mengapa pompa tua yang kini tiada lagi itu tetap saja mengeluarkan banyak air, padahal tak jauh dari pipa pompa genjot ini tertancap, tertancap juga sebuah pipa dengan mesin berlistrik sebagai penarik airnya. Air yang keluar dari mesin air itu berwarna kekuningan.

   Setiap pagi sebelum subuh, saat ada orang menggenjot pompa untuk mengambil air timbul suara gesekan tuas, baut dan sumbu pompa yang terdengar begitu merdu disusul suara air jernih berhamburan jatuh dari pralon pompa ke dalam ember. Beda dengan suara mesin jet pump yang rambatan suaranya membuat bising telinga setiap malam.

   Tapi kini, Pompa tua reyot dengan suara merdu itu telah dicabut dari tempat bekerjanya yang sudah ada sejak 20 tahun lalu. tanah tempat ia menancap telah dijual, si mpu tanah membangun rumah di atas tanahnya, pompa harus mengalah dengan majikan barunya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Belanja di Pasar Senen, antara murah sangat dan sangat mahal

Pengalaman membuat SIM di Polres Tangerang

Kelebihan Vespa = serign bebas tilang