Siapa Kakek dari Kakek Saya ?



  Saya sering bertanya, saya ini keturunan siapa?.

    Kakek saya seorang sunda bernama eyang Juanta anak dari  Nayajaya, lalu tak ada lagi yang tahu siapa bapaknya Nayajaya, silsilah saya putus di buyut. kakek saya lahir +/- tahun 1900, kemungkinan buyut (Ayah kakek) lahir tahun 1875. ini berarti saya hanya tahu sejarah silsilah keluarga saya hanya 130 tahun ke belakang. lebih lama dari itu yang ada hanya ketidaktahuan. selama rentan 130 tahun tak ada sejarah tutur yang mengisahkan bagaimana kehidupan buyut saya. mungkin ini bukan hanya terjadi pada saya, tapi pada kebanyakan warga Indonesia, kita kehilangan silsilah keluarga, atau kita sendiri kurang peduli pada sejarah keluarga kita. ironinya di sisi lain kita mempelajari sejarah kemerdekaan, perang dunia, penaklukan jepang, penjajahan belanda. tapi sejarah tentang darah dan daging kita sendiri luput dari perhatian.

  Kenapa bisa ?

  Jarang bercerita, saya sendiri sangat senang mendengar cerita cerita ibu tentang kakek, kebetulan kakek meninggal saat ibu masih sekolah dasar, jadi sangat menarik mendengar cerita tentangnya, pekerjaannya, sifatnya dan lain sebagainya. tapi kalau saya meminta diceritakan tentang buyut, Ibu hanya geleng kepala tak tahu riwayatnya. karena Ibu sendiri tak pernah mendengar cerita tentang buyut. jika berkumpul dengan keluarga jarang sekali ia diceritakan sejarah hidup buyut. mungkin hanya tahu namanya saja. kegiatan menceritakan leluhur lama kelamaan menjadi sesuatu yang tak diperhatikan, sampai saat orang tua meninggal kita tak sempat menanyakan siapa nama leluhur kita.

   Masih banyak sekali sebab riwayat leluhur luput dari perhatian ...

Comments

Popular posts from this blog

Pengalaman Membuat Cincau Hijau Sendiri :)

Pengalaman membuat SIM di Polres Tangerang

mudahnya Posting lewat e-mail