selisih Rp 100,-


   Shell kini jual bensin beroktan 92  dengan harga Rp 8.600 sedangkan Pertamina Rp 8.700, kini keluar masuk pom bensin Shell kini sudah bukan jadi hal mewah. 

   Padahal awal buka, hanya beberapa kendaraan mewah yang biasa parkir mengisi bahan bakar di Perusahaan milik Amerika ini, kini bisa kita lihat motor mengular di beberapa SPBU Shell, menunggu giliran isi bensin. kok bisa selisih 100 dengan pertamina? padahal mereka mesti bayar ppn dan ini itu.

   Bukan persaingan dan strategi mereka yang akan saya tulis. tapi pengalaman saya mengisi bahan bakar di keduanya. 

   Banyak petugas Pertamina yang sudah tidak cerewet lagi. padahal pernah saat gempar slogan "pasti pas" sang petugas selalu saja menyatakan "dari Nol ya pak". mungkin capek kali ya? karena makin hari antrian makin panjang. atau sekalipun ada yang bilang "dari Nol ya pak" seperti gumaman cepat tanpa melihat si customer. 

    Di Shell, petugasnya ceriwis semua. Baru mau isi bensin. apa aja ditawarin, "V powernya pak?". tak perduli banyak antrian dibelakang si petugas tetap saja menawarkan ini dan itu, yups itu nilai tambah untuk Shell. petugas juga kasih struk tanpa diminta. dan akhirnya mencucapkan terima kasih dengan senyuman, wuih manisss banget. Fiuh padahal Shell dan pertamina  sama sama di Indonesia, yang kerjanya orang Indonesia, tapi pelayanannya ndak sama.

nah, coba lihat mesin print kecil untuk struk yang ada di SPBU Pertamina, banyak yang rusak :( 

Eits, Siapa Sangka Pertamina tak punya keunggulan ? 

    Keunggulannya, setiap petugas merangkap kasir. jadi lebih efisien dan cepat. kita bisa bayar lansung baik tunai maupun non tunai pada petugas pengisi bensin. mereka biasanya memakai tas cangklong atau memegang banyak uang kertas di tangannya. 

Kalau di shell ? 

   Kalau di shell petugas di larang memegang uang, karena sudah ada kasir khusus. jadi mesti sabar karena petugas bolak balik ke kasir, apalagi kalau non tunai. 

   Jika dilihat dari sisi manajemen, tentu shell unggul dalam mencatat arus pendapatan mereka sedari awal. 

Cinta Indonesia ?

   Cinta Indonesia baiknya isi bensin di Pertamina, Pertamax ya gan hehe.  tapi tidak ada salahnya isi bensin di Shell. toh pemerintah juga kasih izin mereka dagang di kampung kita, kalau dari sisi manajemen dan marketing tentu Shell menang karena memiliki pengalaman lebih lama sebagai pedagang Bensin, udah gitu shell kontrak mati dengan ferrari dan kerjasama dengan mainan Lego untuk promosi V Power. makin maju deh.

Trus Pertamina?

   Pertamina juga ngga mau kalah dengan bagi bagi Yaris sebagai Promo Pertamax Series, nah kalau ada saingan kan jadi ketauan mesti banyak bergerak dan berbenah hehe. masih banyak lagi promo dari Pertamina.

Hadiah Kucing dalam karung 

  Pertamina juga pernah mengadakan lomba mengadakan lomba review mengenai kebersihan dan pelayanan. hadiahnya sebuah hp bagi satu orang pemenang setiap bulannya. Sudah lebih dari 10 pombensin saya review, menulis ulasan lalu mengirimkannya ke cs pertamina. tapi, nyatanya... info pemenang nya tidak bisa di akses di media manapun. hadiahnya ndak jelas. padahal sticker perlombaan ditempel di semua SPBU Pertamina Jabodetabek.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Belanja di Pasar Senen, antara murah sangat dan sangat mahal

Pengalaman membuat SIM di Polres Tangerang

Kelebihan Vespa = serign bebas tilang