asal penamaan kue biji ketapang kue renyah khas betawi

masih suasana lebaran selepas silaturahim ke duri kosambi cengkareng, saya dan keluarga wisata ke taman mangrove pantai indah kapuk, saat memasuki parkiran saya lihat banyak pohon ketapang, pohon yang dulu banyak di jalanan Jakarta, pohon ini punya biji yang bentuknya mirip biji ketapang, saya Baru ngeh setelah saya baca di jakartakita.com ternyata biji ketapang jadi inspirasi warga jakarta khususnya betawi untuk namain kue biji ketapang. 



kalau lihat pohon ketapang saya inget waktu jaman SD, dulu setiap musim ikan cupang aduan, saya sering mengambil daun ketapang kering yang masih banyak tumbuh dekat rumah, daunnya kalau di rendam di air bersama ikan dipercaya dapat membuat ikan cupang makin jago dan sehat. 

tidak hanya mengambil daunnya, di bawah pohon banyak berserakan buah ketapang  yang mirip kenari, sering saya pecahin tempurung untuk diambil bijinya. bijinya jadi santapan lezat buat saya dan teman teman. 

nah, kembali ke masa sekarang, tadi saat duduk diparkiran mobil, saya memungut buah  ketapang yang berserakan di sekitar tempat parkir, saya ngeh kenapa biji ketapang yang saya makan buat cemilan tadi waktu bertamu di duri kosambi cengkareng di namakan biji ketapang karena terinspirasi dari buah dan biji ketapang yang dulu banyak tumbuh di jakarta tanah betawi. 

rasa biji ketapang renyah serenyah kue biji ketapang yang renyah pakai parutan kelapa dan telur. 


Comments

Popular posts from this blog

Pengalaman Membuat Cincau Hijau Sendiri :)

Pengalaman membuat SIM di Polres Tangerang

mudahnya Posting lewat e-mail