pramoedya ananta toer sang out of the box

saya pertama kali mengenal beliau saat masih duduk di bangku sma melalui majalah majalah annida yg kerap kali menyebut namanya, saya kini annida sudah tidak terbit lagi. melalui karyanya sewaktu menjadi tapol orde baru di pulau buru, saya mengenal indonesia sedikit lebih banyak. 

saat para penulis lain membahas romantika cinta dan kemanusiaan, politik secara terpisah, mas Pram panggilan saya untuk beliau, membahas semua itu dalam tetralogi bumi manusianya. sebuah karya jenius untuk menggelontorkan ide ide dalam balutan sejarah yg berdasarkan fakta yg memang terjadi. 

betapa rapuhnya warga karena keterbatasan ilmu pada masa kolonial belanda ia gambarkan dengan teliti dan penuh perasaan. sayang sekali saya belum pernah menjumpainya semasa ia masih hidup, sang maestro telah berpulang dan beristirahat selamanya di tanah Bogor. 

sang out the box yg menelurkan karya fenomenal dalam masa sulit sebagai tahanan di pulau buru. 

Comments

Popular posts from this blog

Pengalaman Membuat Cincau Hijau Sendiri :)

Pengalaman membuat SIM di Polres Tangerang

mudahnya Posting lewat e-mail