5 Agt 2012

Pengalaman Membuat Cincau Hijau Sendiri :)

Potongan dadu cincau hijau
dengan campuran kuah santan dan gula, mantap brooo
http://v1olet.blogspot.com
    Sekarang tak ada lagi saudara yang jualan cincau, dahulu sebelum wafat, wa aja jualan cincau setiap sore tiba, mendorong gerobak dengan dua wadah besar bersisi cincau hijau dan serutan es berwarna merah dengan campuran santan, serta toples toples gula cair dengan centong dari buah kluwak. saya salah satu pelanggan setia es cincau buatan beliau, manis, asli dan menyegarkan.

Visualisasi Biji kluwak
yang biasa dipakai
ujung centong
penyeduk air gula
http://yellashakti.wordpress.com
   Setelah tahu bentuk dan warna daun cincau, saya mendapatkannya tumbuh liar di dekat lapangan bola, hehe sekedar bereksperimen, saya mengambil beberapa helai daun cincau, membawanya pulang, lalu bertanya bagaimana cara membuat cincau, ternyata sederhana, hanya diremas dengan mencampur air matang. dan ternyata berhasil, itu saat saya sekolah dasar.

   Dan kini, tak perlu ke lapangan bola untuk sekedar mengambil beberapa helai daun cincau, karena pohon ini tumbuh subur di depan rumah saudara saya, masih mengikuti tradisi lama dalam pembuatan cincau yang sederhana, kini saya ketagihan membuatnya, ditambah pengetahuan kalau daun banyak manfaatnya, di antaranya sebagai obat perut panas, disentri, panas dalam, mengandung zat anti kanker (sumber).

salah satu dari sekian jenis daun cincau hijau.
sumber gambar : http://catatan-go.blogspot.com
    Kini kalau mau sekedar minum cincau mampir saja ke rumah saya, di tambah bulan ini bulan puasa, wuih pokoknya mantap deh.

    Sebetulnya buat cincau susah-susah mudah, beberapa kali saya gagal karena kebanyakan air,  bahkan pernah sekali ada yang bilang supaya mengental walaupun kebanyakan air ditambah kapur sirih, saran ini saya lakukan dan ternyata, amburadul, cincau tak mengental sama sekali.
daun cincau
sumber gambar : http://indokliq.com

    Biar gagal tak terulang, berikut beberapa link blog sahabat mengenai resep membuat cintau hijau, tinggal klik saja judul yang disuka :


 dan berikut beberapa link mengenai khasiat cincau hijau :)  :


  Kebetulan sekarang banyak media yang memberitakan seputar hal miring tentang kredibilitas produksi cincau, ada yang bilang dicampur borax, campur ini campur itu, alih-alih bukannya membawa kesehatan, malah berdampak buruk bagi kesehatan. nah lho?
   Untuk itu yang masih punya pekarangan luas, tak ada salahnya kan menanam tumbuhan yang satu ini, dan juga sebagai pengjijauan tentunya.

  salam kangen es cincau.

6 komentar:

  1. hi.. salam kenal.. saya sangat tertarik untuk mencoba membuat cincau hijau sendiri setelah pernah mencobanya.. kalau boleh tahu di mana saya bisa mendapatkan tanaman cincau hijau ini? saya berada di Makassar.

    Terima kasih..

    BalasHapus
  2. hy juga

    salam kenal :)

    mungkin di tukang tanaman pinggir jalan, tapi untuk tepatnya saya juga kurang tau...
    salam kenal makassar, saya banyak teman sekelas dri makassar, bisa juga dong buat es pisang hijau dan coto makassar

    :)
    salam kenal makasih sudah mampir.... :)

    BalasHapus
  3. Keren Om Infonya Jafi Pengen Buat sendiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih Jafi, oke .. Moga berhasil yaa :)

      Hapus
  4. Es Cincau ijoo... ahhhhhh *mupeng
    Tidak ditemukan di negeri kakek Fir'aun -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. ndak cocok mungkin mbak iklimnya, hihi
      minta di kirimi aja mbak dari indo daun keringnya :)

      Hapus